Monday, November 26, 2012

FLORA 2


Kalian semua pasti pernah mendengar kata Flora, mungkin banyak juga orang yang sudah tahu tentang flora. Sebenarnya apa sih flora itu? Mari kita simak.. :)

Flora adalah sekumpulan jenis tumbuh-tumbuhan yang hidup atau tumbuh di suatu habitat atau daerah. Hampir setiap hari kita berjumpa dengan berbagai jenis flora. Mungkin bagi yang tinggal di daerah daratan akan sering menjumpai flora yang hidup di daratan. Begitupun sebaliknya dengan yang tinggal  di daerah perairan akan lebih mudah menemukan flora yang hidup di perairan, baik di air tawar maupun di air asin (laut).

Sekarang kita akan membahas flora apa saja yang hidup di daratan maupun di perairan.

1.       Flora yang hidup di daratan

Habitat flora di daratan ada yang hidup di hutan, sabana, stepa, tundra dan juga gurun.

a.       Hutan
Di bawah ini adalah macam-macam hutan berikut dengan contoh flora yang hidup di dalamnya.

·         Hutan Hujan Tropis
Flora yang hidup di hutan ini antaralain adalah flora dengan jenis Epiphyt (tumbuhan yang menempel) seperti anggrek, rotan, jamur, dan lumut.


·         Hutan Hujan Daerah Sedang
Di hutan ini terdapat flora seperti pakis, agthis, palem, bambu, dan belukar.

·         Hutan Rontok Daerah Sedang
Flora yang tumbuh di hutan ini adalah pohon-pohon tinggi seperti cemara dan pinus serta pohon-pohon kecil (perdu).

·         Hutan Berdaun Jarum
Di dalam hutan ini tubuh beberapa jenis flora seperti pinus, larix, dan Sequoia yang merupakan pohon terbesar di dunia, pohon ini terdapat di California.



·         Hutan Berkayu Keras
Contoh flora yang hidup di hutan ini adalah flora yang memiliki ciri-ciri batang yang tidak terlalu tinggi namun berkayu dan berdaun keras seperti pohon Oak atau zaitun.

b.      Sabana

Walaupun sama-sama bernama sabana, namun flora yang hidup di daerah yang satu dan di yang lainnya ternyata berbeda-beda. Flora yang terdapat di sabana Afrika antara lain rumput bermuda, rumput gajah, pohon baobab, akasia, eboni dan cadelabra. Adapun flora yang tumbuh di sabana Australia antara lain ekaliptus, kasuarina, pohon botol dan pohon rumput. Sabana di Amerika Selatan ditumbuhi tanaman fern, bromelia, carnivorous sp, guacamaya dan pentamierista.

c.       Stepa

Beberapa flora yang hidup di daerah stepa adalah pohon akasia dan semak belukar.

d.      Tundra

Flora yang dapat ditemukan di daerah tundra adalah lumut kerak, rumput teki, tumbuhan terna, dan semak-semak pendek.

e.      Gurun

Mungkin ada yang sudah tahu, bahwa di gurun banayak terdapat kaktus. Kaktus inilah salah satu flora yang sanggup bertahan hidup di daerah gurun.

2.       Flora yang hidup di air tawar

Di atas kita sudah membahas tentang flora apa saja yang hidup di daratan. Sekarang kita akan membahas tentang flora yang hidup di perairan terutama air tawar.

Banyak berbagai flora yang hidup di air tawar antaralain enceng gondok, ganggang, teratai, lumut, dan talas.

3.       Flora yang hidup di air asin

Yang terakhir adalah flora yang hidup di air asin atau laut. Dari berbagai macam flora yang hidup di laut beberapa diantaranya adalah rumput laut, lumut, ganggang dan fitoplankton yang hanya dapat dilihat dengan mikroskop karena ukurannya yang sangat kecil, sehingga tidak dapat dilihat oleh mata telanjang.

1 Comment:

Fajar Wicaksono said...

blognya sangat membantu, kloe mau sharing langsung bisa kah kaka',.

Post a Comment